Urgensi Pakan Hijauan Bagi Peternak Ruminansia

Diposting pada 39 views

Pentingnya Ketersediaan Pakan Hijauan Bagi Peternak hewan Ruminansia (pemamah)

Dalam manajemen budidaya ternak, pakan merupakan kebutuhan tertinggi yaitu kurang lebih

60-70 % dari seluruh biaya produksi. Mengingat tingginya biaya komponen tersebut maka perlu adanya perhatian dalam penyediaan baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Porsi hijauan pakan dalam ransum ruminansia mencapai 40-80% dari total bahan kering ransum atau sekitar 1,5-3% dari bobot hidup ternak. Pada musim kemarau,ketersediaan pakan menjadi sangat terbatas bahkan sampai kekurangan dan kualitas pakan yang ada juga sangat rendah. Hal inilah yang merupakan salah satu penyebab rendahnya peningkatan produksi ternak terutama ternak ruminansia di Indonesia.

rumput pakchong

Hijauan pakan dapat berupa, rumput, legume, segam, perdu, maupun rumba. Hijauan pakan adalah bagian tanaman yang dapat dimakan ternak (edible) selain biji-bijian, yang dapat menyediakan makanan bagi ternak atau yang dipanen untuk pakan. Pentingnya hijauan pakan bagi ternak dikarenakan hijauan pakan merupakan menu utama untuk pakan ruminansia, banyak yang beranggapan bahwa menu utama bagi ruminansia adalah konsentrat, padahal pemikiran seperti itu adalah suatu kesalahan, konsentrat hanyalah pakan tambahan untuk ruminansia.

Hijauan pakan juga merupakan sumber serat, pro vit A, mineral dan klorofil bagi ruminansia. Kandungan nutrisi inilah yang dibutuhkan bagi ternak ruminansia yang ada di dalam hijauan pakan, selain itu dari segi biaya juga lebih murah jika dibandingkan dengan konsentrat yang harus impor. Hijauan pakan lebih mudah didapatkan di negara kita sendiri karena negara kita adalah negara agraris, negara yang mudah untuk memproduksi jenis hijauan yang beranekaragam. Hal ini dapat meminimalisir kebutuhan biaya untuk pakan ruminasia.

Rumput Pakchong Sebagai alternatif pakan hijauan berkualitas

Rumput Pakchong-1 adalah jenis rumput hibrida dari rumput gajah (Pennisetum purpuruem X P. americanum) yang pertama kali dikembangkan di Thailand oleh Dr. Krailas Kiyotthong, Departemen Peternakan Kementerian Pertanian Thailand [1]. Terdapat beberapa keunggulan dari rumput Pakchong ini diantaranya, pertumbuhanya dapat mencapai lebih dari 3 m pada umur kurang dari 60 hari, memberikan hasil yang tinggi dan dapat dipanen sesudah umur 45 hari dengan kandungan protein kasar 16-18 %.

Rumput Pakchong Mudah ditanam dimana saja

Dengan keunggulan tersebut diatas kiranya bisa dijadikan pertimbangan dalam budidaya rumput pakchong sebagai salah satu sumber pakan berkualitas bagi ternak hewan kambing sapi kita. Daerah pesisir ataupun pegunungan serta lahan tanah merah, hitam dan berpasir tetap bisa ditanami rumput pakchong.

 

Baca Juga :

Rumput Odot Sebagau Pakan Hijauan Bermutu tinggi

Mari Bertanam Pohon Tin

3 Alasan Menanam Pisang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.