Bibit Kelapa Jogja

Diposting pada 11 views

Jenis Jenis Bibit Kelapa yang sering dicari

Secara umum, ada beragam jenis bibit kelapa yang beredar di Indonesia. Ada jenis genjah, hibrida, dan dalam. Type Genjah secara umum paling diminati mengingat beragam keunggulannya. Artikel ini akan menitikberatkan pada jenis kelapa genjah yang diminati masyarakat.

(1) Genjah Entok

Kelapa genjah entok menjadi idola baru bagi pecinta dunia perkebunan Indonesia. Kelapa genjah entok merupakan kelapa yang berjenis genjah (pendek) sehingga cepat berbuah di usia 3-4 tahun. Genjah entok memiliki ciri khas warna hijau dengan pohon cebol dan berbuah lebat. Itulah sebabnya, bibit kelapa genjah entok kini diburu konsumen untuk ditanam di pekarangan atau perkebunan mereka.

Kelapa genjah entok populer di lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya, seperti Kulon Progo, Bantul, Magelang, Purworejo, Kebumen, Gunungkidul, Klaten dan beberapa daerah lainnya. Kelapa genjah entok termasuk tanaman bernilai jual tinggi, mengingat tanaman ini memiliki produktifitas hingga mencapai 140 butir per pohon per tahun di usia dewasanya.
Tanaman kelapa genjah entok tergolong mudah dibudidayakan. Tanaman yang menjadi salah satu produk unggulan Jogja Jateng ini tidak butuh biaya mahal dalam perawatannya. Cara perawatan kelapa genjah entok sebagaimana lazimnya perawatan tanaman kelapa lainnya. Hanya saja kelapa genjah entok tumbuh dengan baik di lingkungan dataran rendah dengan ketinggian 0-450 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Cara Penanaman

Setelah anda memperoleh bibit kelapa genjah entok, langkah yang harus dilakukan tentu saja menyiapkan media tanam. Media tanam tentu saja tanah yang subur atau gembur yang memiliki banyak unsur hara atau organik. Untuk itu, anda bisa menggunakan kotoran ternak seperti kambing, sapi atau kerbau. Tentu saja dengan kriteria sudah hilang “gas bau” nya sehingga cepat diserap oleh tanah.

Media Tanam Kelapa Genjah Entok

Setelah media tanam siap, buatlah lubang tanam dengan ukuran tertentu, misalnya dengan diameter 60 cm. Kemudian masukkan tanah, kotoran ternak yang sudah lama dan dicampur dengan sekam atau serbuk gergaji. Kemudian bahan tersebut aduk secara merata. Lalu semprot dengan EM 4 pertanian untuk mempercepat terjadinya pembusukan. Tunggu sekitar dua minggu supaya EM4 bekerja dan media tanam sudah jadi. Baru setelah itu bibit kelapa genjah entok ditanam di lubang yang sudah dibuatkan tersebut.

Setelah bibit kelapa genjah entok dimasukkan tentu saja siramlah secara teratur sesuai situasi dan kondisi. Dan Jangan lupa, supaya bebas hama lakukan pencegahan dengan menyemprot bibit kelapa kopyor dengan insektisida atau pestisida. Bisa juga dengan menggunakan unsur organik misalnya hasil rebusan daun sirsak, biji kapuk yang sudah dilembutkan dan lain sebagainya.

bibit kelapa genjah entok

(2) Genjah Kopyor

Kelapa genjah kopyor adalah jenis kelapa pendek yang menghasilkan buah kopyor. Kelapa kopyor adalah kelapa abnormal yang ditandai dengan lepasnya cangkang ketika dibuka kelapanya. Biasanya juga bersuara “kupyuk kupyuk” tatkala digoyang goyang buahnya.

Kelapa kopyor diminati masyarakat mengingat harga buah ini relatif cukup tinggi di pasaran. Terlebih di musim puasa, idul fitri, Idul Adha dan jelang akhir atau awal tahun baru. Harga buah kelapa kopyor bisa mencapai 40- 50 ribu per bijinya. Tergantung besar kecil ukuran buah tentunya.

bibit kelapa kopyor
bibit kelapa kopyor

(3) Genjah Wulung

Kelapa wulung bisa disebut kelapa serat merah. Ada juga yang menyebutnya kelapa hijau. Kelapa ini harganya relatif cukup tinggi hingga mencapai 15-20 ribu per bijinya. Kelapa wulung biasa digunakan untuk ibu hamil untuk mendukung perkembangan kesehatan janin yang dikandungnya. Namun, stok yang tersedia di penangkar bibit kelapa, khususnya jenis wulung yang asli, yang warna merah atau pink lebih sedikit dibanding jenis kelapa genjah lainnya. Maka, wajar harga bibitnya relatif lebih tinggi. Bisa mencapai 70 ribuan per pohon sesuai jumlah pembelian umumnya.

Apakah Jogja cocok untuk budidaya kelapa genjah?

Kelapa secara umum mudah dibudidayakan di kawasan iklim tropis Indonesia, termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan pesisir ataupun pegunungan tetap bisa ditanami kelapa genjah. Namun, umumnya akan optimal perkembangannya bila ditanam di -1000 Mdpl. Semakin ke bawah(pesisir) semakin bagus. Kesulitan memperole bibitnya? Bibit Kelapa Jogja Vista Agro siap membantu anda dengan menyediakan bibit kelapa berkualitas. Silakan WA ke 087838393451 atau kunjungi langsung ke Getas Kalongan RT 07/14 Tlogoadi Mlati Sleman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.