Bibit Buah yang cocok ditanam di Jogja

Diposting pada 40 views

Tanaman Buah Yang Cocok ditanam di area Jogja.

bibit buah jogja, Setiap bibit tanaman punya karakter dan kecocokan tertentu yang tidak bisa disamakan dengan tanaman lainnya. Beberapa tanaman ada yang cocok ditanam di dataran tinggi atau pegunungan, tetapi ada juga yang lebih cocok ditanam di daerah pesisir. Ada juga tanaman yang bisa ditanam di area dataran tinggi ataupun rendah alias pesisir.

Tanaman yang cocok di Area Pegunungan

Di daerah pegunungan Daerah Istimewa Yogyakarta seperti Kawasan lereng Merapi di Kecamatan Pakem, Turi, Cangkringan, Tempel, Kaliurang, Sleman adalah daerah yang cocok untuk ditanami bibit durian, bibit alpukat, bibit mangga, bibit kelapa, bibit manggis, bibit kelengkeng, bibit jambu dan lain lain.

Tanaman yang cocok di tanam di dataran rendah

Daerah Kota Yogyakarta dan Kota Bantul adalah dataran rendah yang cocok untuk ditanami bibit pisang, bibit alpukat alligator, bibit jambu, bibit buah tin, bibit kelapa, bibit kelengkeng, bibit rambutan, bibit manga, dan lain lain.

Tanaman yang cocok di Kawasan pesisir pantai

Daerah pesisir Bantul, Parangtritis, pesisir Kulon Progo dan sekitarnya adalah daerah yang paling pas ditanami pohon kelapa seperti jenis bibit kelapa kopyor, bibit kelapa genjah entok, bibit kelapa wulung, bibit kelapa hibrida, dan lain lain. Daerah ini juga cocok ditanami pohon pisang, bibit buah naga, dan cocok ditanami tanaman pelindung abrasi seperti mangrove avichina dan rhizopora.

alpukat aligator
bibit alpukat aligator cocok ditanam di pegunungan dan dataran rendah

Kunci Sukses Budidaya Tanaman Buah

Memahami karakter tanaman

Sebagaimana yang dijelaskan di atas bahwa setiap tanaman punya karakter tertentu; ada yang menyukai suhu sejuk khas pegunungan, ada juga menyukai suhu hangat khas pantai. Salah pemilihan lokasi dalam menanam pohon bisa saja berakibat fatal bagi keberhasilan budidaya tanaman buah.

Pemupukan berkala

Untuk memperoleh hasil yang optimal dalam budidaya tanaman buah, sebaiknya dilakukan pemupukan secara berkala. Setidaknya dilakukan dua bulan sekali dengan pemberian pupuk organik seperti dari kotoran ternak yang sudah lapuk, humus dari sisa sisa tumbuhan, ataupun dari sekam bakar.

Sinar Matahari yang cukup

Bibit tanaman buah rata rata membutuhkan sinar matahari yang cukup sehingga harus dipastikan tidak ada tanaman yang mengayomi atau menutupi pohon tersebut. Untuk itu, harus dipangkas bila di sekitarnya terdapat pohon yang menutupinya dari sinar matahari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.