3 Alasan Bertanam alpukat menguntungkan

Diposting pada 35 views

3 Alasan Budidaya alpukat menguntungkan

Harga Buah Relatif tinggi

Seperti yang kita ketahui Bersama, harga buah alpukat di pasaran masih cukup tinggi. Berkisar 20 sampai 30 ribu per KG nya. Bahkan, jenis tertentu seperti Hass, harga buah alpukat masih cukup tinggi. Pernah menyentuh angka 50 an ribu per KG nya.

Cara Budidaya Relatif Mudah

Budidaya alpukat tergolong mudah dikembangkan di iklim Indonesia, termasuk Jogja dan sekitarnya. Namun, budidaya alpukat bisa tumbuh dengan baik minimal 60 Mdpl. Semakin tinggi Mdpl nya semakin bagus. Budidaya alpukat seperti bertanam pohon buah lainnya, mulai dari penanaman, pemupukan dan penyemprotan insektisida.

alpukat kendil

Resiko kematian kecil

Menanam alpukat resiko kematian kecil. Apalagi anda membeli bibit sudah cukup besar(1 Meter lebih) tentu selain lebih tahan terhadap perubahan iklim juga lebih cepat berbuah. Harga bibit ukuran 1 M memang biasanya tergantung besar kecilnya ukuran batang bibit alpukat. Bila batang sudah berukuran batu baterai harganya biasanya menyentuh angka 150.000-2bibi00.000 sesuai kondisi pohon.

Jenis bibit alpukat unggulan yang banyak dicari di Vista agro bibit buah jogja

alpukat kendil

Alpukat alligator

Alpukat alligator masih menjadi jenis alpukat yang paling dicari diantara jenis alpukat lainnya. Hal ini karena alpukat alligator bersifat genjah alias cepat berbuah dibanding jenis lainnya. Keunggulan lainnya adalah alpukat alligator bisa ditanam di pot alias bisa dibesar dalam media pot (tabulampot). Hal itu tentu saja disukai masyarakat perkotaan yang memang lahannya terbatas. Secara ukuran buah alpukat alligator cenderung lonjong dan besar dengan bobot hamper mencapai 1 kg per buahnya. Tanaman alpukat sangat cocok ditanam 500 mdpl sampai 2000 an mdpl. Untuk area jogja, alpukat sangat cocok ditanam di kawasan Kecamatan Cangkringan, Kalasan, Sleman, Godean, Ngaglik, Minggir, Tempel, Turi, Pakem, Mlati, dan Kawasan lereng gunung Merapi dan sekitarnya. Untuk area dekat pantai kurang cocok ditanami alpukat, kecuali bibit kelapa yang lebih cocok di Kawasan manapun.

Alpukat Kendil

Alpukat kendil adalah salah satu jenis alpukat yang memiliki ukuran buah paling tinggi disbanding jenis lainnya. Buah alpukat kendil umumnya bulat dengan bobot bisa mencapai lebih dari 1 Kg per buahnya. Tanaman kendil cocok ditanam di area Jogja, Sleman dan Kawasan lereng Merapi dengan 500 -2000 an mdpl.

Alpukat Mentega

Alpukat mentega termasuk jenis yang banyak dicari petani alpukat. Alpukat mentega secara ukuran masih di bawah kendil dan alligator. Namun keunggulan alpukat ini memiliki jumlah buah yang relative lebih banyak. Perawatan alpukat mentega juga sama secara umum, yaitu dilakukan pemupukan secara berkala, serta penyemprotan hama dan memastikan ketersediaan sinar matahari cukup serta air yang cukup.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.