Perbanyakan bibit pohon tin

Diposting pada 30 views

 Perbanyakan Pohon Tin Secara Vegetatif

Perbanyakan Pohon tin seara vegetatif adalah proses perbanyakan tanaman mengggunakan bagian bagian tertentu dari tanaman seperti daun, batang, ranting, pucuk, umbi, dan akar untuk menghasilkan tanaman baru yang sama dengan induknya. Perbanyakan vegetatif popular disebut dengan okulasi serta cangkok.

Keunggulan perbanyakan vegetative

Keunggulan perbanyakan dengan system ini antara lain adalah (1) menghasilkan tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya, (2) tanaman lebih cepat berbunga dan berbuah, dan (3) dapat menggabungkan berbagai sifat yang diinginkan. Sedangkan kelemahan dari perbanyakan ini adalah (1) membutuhkan pohon induk yang lebih besar dan lebih banyak (2) akar tanaman (anakan) kurang kokoh sehingga mudah roboh, (3) masa produktif singkat, dan (4) membutuhkan biaya cukup mahal.

Menurut Made bahwa perbanyakan dengan stek pada umumnya dilakukan pada tanaman dikotil, pada monokotil masih jarang. Namun pada beberapa tanaman seperti asparagus dalam kondisi terkontrol dapat dilakukan. Selain itu tidak semua tanaman dapat diperbanyak dengan cara vegetative sehingga keberhasilannya rendah.

Keuntungan ;

  • Lebih cepat berbuah
  • Sifat turunan sesuai dengan induk.
  • Dapat digabung sifat sifat yang diinginkan.

Kelemahan :

  • Perakaran kurang baik.
  • Lebih sulit dikerjakan membutuhkan keahlian tertentu.
  • Mudah roboh di saat angin kencang.

Perbanyakan dengan cara vegetative dapat dilakukan dengan beragam cara; yaitu stek, cangkok, tempel, sambung dan perbanyakan melalui metode kultur jaringan.

Perbanyakan dengan cara stek pun beragam, seperti stek batang, stek bertunas daun, stek daun, stek akar, stek mata, stek umbi (meliputi umbi lapis, umbi palsu, umbi batang, umbi akar dan akar batang).

Perbanyakan dengan Cangkok Paling Favorit

Bibit buah tin yang diperbanyak dengan cara cangkok sampai saat ini jadi pilihan yang paling sering dipilih oleh para pembudidaya buah tin di Indonesia. Memang kelebihannya lebih banyak disbanding kelemahannya. Selain cepat berbuah, juga lebih mudah beradaptasi dan bauh mendekati induknya.

pohon buah tin

Harga bibit buah tin

Harga bibit buah tin tentu saja menyesuakan jenis dan ukurannya. Semakin langka semakin mahal. Begitu juga semakin besar ukurannya semakin mahal harganya. Harga bibit buah tin kurang lebih 50.000 sampai ratusan ribu per batang sesuai jenis tentunya.

bibit buah tin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.