Jenis Rumput Yang Cocok Untuk Hewan Ternak

Diposting pada 126 views

Ada beberapa jenis rumput yang biasanya digunakan sebagai pakan kambing. Pilihan rumput ini dapat bervariasi tergantung pada kondisi iklim, lokasi geografis, dan ketersediaan sumber daya. Beberapa jenis rumput yang umumnya cocok untuk pakan kambing meliputi:

Rumput odot

  1. **Rumput odot. Rumput ini memiliki karakter tanaman yang rimbun, lebat daun dan batangnya, memiliki pertumbuhan cepat namun tidak tinggi.

Rumput Sataria

  1. **Rumput Setaria (Setaria sphacelata):** Merupakan jenis rumput yang tahan terhadap kekeringan dan cocok untuk daerah yang memiliki curah hujan rendah.

 

  1. **Rumput Alang-alang (Imperata cylindrica):** Meskipun dianggap gulma di beberapa tempat, alang-alang dapat menjadi sumber pakan yang baik jika dikelola dengan baik.

 

  1. **Rumput Raja (Brachiaria spp.):** Kelompok rumput ini mencakup beberapa spesies seperti Brachiaria decumbens, Brachiaria brizantha, dan lainnya. Mereka tahan terhadap penggemburan dan memiliki kandungan nutrisi yang baik.

 

  1. **Rumput Bermuda (Cynodon dactylon):** Juga dikenal sebagai rumput Bahama, sering digunakan untuk pakan kambing karena tahan terhadap kondisi iklim yang panas.

 

  1. **Rumput Napier (Pennisetum purpureum x Pennisetum americanum):** Merupakan hibrida antara rumput gajah dan jagung. Memiliki pertumbuhan yang cepat dan baik untuk pakan ternak.

 

  1. **Rumput Kumpai (Panicum maximum):** Ada beberapa varietas dari rumput ini yang sering digunakan untuk pakan kambing karena kandungan nutrisi yang tinggi.
  2. Rumput Pakchong. rumput ini terkenal cepat sekali pertumbuhannya dan cepat tinggi.

 

Selain rumput, beberapa tanaman lain seperti leguminosa (misalnya kacang hijau atau kacang tanah), jerami, dan limbah tanaman lainnya juga dapat digunakan sebagai tambahan pakan untuk kambing. Pastikan untuk mempertimbangkan kondisi lingkungan dan kebutuhan nutrisi kambing Anda saat memilih jenis rumput atau tanaman pakan.

Bibit Rumput Odot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.