Jual Bibit Buah Kepel Jogja

Diposting pada 525 views

Mengenal Buah Kepel

Kepel adalah salah satu buah yang konon digemari putri keraton Daerah Istimewa Yogyakarta karena dipercaya membuat aroma tubuh lebih wangi di saat mengonsumsinya. Pohon kepel memang tergolong buah langka karena tidak tiap daerah memilikinya.

Manfaat Buah Kepel

Menurut Wikipedia, buah Kepel yang matang bisa dimakan dalam keadaan segar. Disebutkan bahwa dagingnya yang berwarna jingga dan mengandung sari buah itu memberikan aroma seperti bunga mawar bercampur buah sawo pada ekskresi tubuh (seperti air seni, keringat, dan napas). Dalam pengobatan, daging buahnya berfungsi sebagai peluruh kencing, mencegah radang ginjal dan menyebabkan kemandulan (sementara) pada wanita. Jadi, kepel ini oleh para wanita bangsawan digunakan sebagai parfum dan alat KB; di Jawa, penggunaannya secara tradisional terbatas di Kesultanan Yogyakarta. Kayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yang lurus setelah direndam beberapa bulan dalam air, digunakan untuk bahan bangunan rumah dan diberitakan tahan lebih dari 50 tahun.

Kepel merupakan tanaman hias pohon yang indah, daunnya yang muncul secara serentak berubah dari merah muda pucat menjadi merah keunguan sebelum berubah lagi menjadi hijau cemerlang. Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dengan banyak cabang lateral yang tersusun secara sistematik, dan sifatnya yang kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya.

Perbanyakan Pohon Kepel

Kepel umumnya diperbanyak dari biji yang diambil dari buah matang dan disemaikan secepatnya. Penyetekan dan pencangkokan sudah pernah dicoba, tetapi tidak berhasil. Benihnya dibersihkan dengan jalan dicuci dan dikeringkan di tempat teduh. Sebelum disemai benih diskarifikasi, tetapi perkecambahannya masih memerlukan waktu beberapa bulan. Lambat-laun persentase perkecambahannya tinggi juga. Perkecambahannya hipogeal, akar tunggangnya membengkak dan tidak bercabang untuk beberapa waktu. Mula-mula semai itu tumbuh lambat. Pada saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dalam pot. Ketika tingginya mencapai 0,5-1,0 m bibit dipindahtanamkan ke lapangan dengan jarak tanam 6-8 meter. Fase yuwananya (vegetative phase, juvenile phase) berlangsung selama 6-9 tahun.

pohon kepel

Jual bibit buah Kepel Jogja

Anda sedang mencari bibit buah kepel? Vista Agro menjual bibit buah Kepel Jogja dengan harga terjangkau. Pemesanan silahkan WA ke 087838393451 beralamat di Getas Kalongan RT 07/14 Tlogoadi Mlati Sleman Yogayakarta.

bibit buah kepel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.