3 Alasan Menanam Bibit Pohon Pisang

Diposting pada 76 views

3 Alasan menanam bibit buah pisang

Cara Budidayanya Mudah

Budidaya tanaman pisang cukup mudah untuk dibudidayakan di iklim tropis Indonesia, termasuk di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tanaman pisang tidak harus ada syarat tertentu sebagaimana durian. Bila durian tidak mudah berbuah di lahan pesisir apalagi Kawasan pantai, tanaman pisang bisa berbuah di lahan pesisir ataupun pegunungan.

Cepat Berbuah

Tanaman pisang bisa berbuah dalam waktu sekitar satu tahunan sejak ditanam di lahan. Hal tersebut sangat menguntungkan mengingat tanaman ini mudah tumbuh dengan pupuk seadanya atau bahkan tanpa pupuk sama sekali.

Serba Guna

Pohon pisang mempunyai kelebihan lain, yakni serbaguna dapat di manfaatkan untuk banyak hal. Dari mulai daun pisang dapat di manfaatkan sebagai pembungkus berbagai makanan seperti serba kukusan dan jajanan tradisional. Pelepah atau gedebog pisang dapat di manfaatkan sebagai perahu darurat saat banjir melanda biasa disebut dengan gethek, bisa juga di cacah untuk keperluan pakan ternak. Sedangkan akar dari pohon pisang dapat dimanfaatkan untuk pupuk organic pencegah hama.

Keuntungan Budidaya Bibit Buah Pisang

tanaman pisang merupakan tanaman khas tropis yang dapat tumbuh subur di tanah alluvial dan vulkanik seperti di Indonesia. Buah Pisang sendiri sudah banyak di temukan di pasar domestic maupun ekspor. Sehingga tidak perlu lagi takut pemasaran hasil apabila panen tiba. Buah pisang juga memiliki penikmat tersendiri. Mengingat buah pisang adalah buah serba guna yang dapat di manfaatkan untuk berbagai jenis olahan makanan dan minuman. Tidak jarang buah pisang pun menjadi buah meja yang bisa langsung di santap.

Pohon pisang tumbuh pada ketinggian 1200 dari permukaan laut. Pada suhu sekiatar 20-35 derajat celcius pohon pisang akan tumbuh dengan baik, dengan kata lain pohon pisang menyukai iklim hangat dan lembab. Keuntungan budidaya buah pisang antara lain

Mudah di budidayakan 

Dari sekian banyak bibit buah yang terdapat di sekitar kita, pohon buah pisang adalah yang paling mudah tumbuh dan beradaptasi. Dapat tumbuh beradaptasi pada tanah yang cocok. Tidak banyak memerlukan perawatan lebih, dapat menghasilkan buah yang relative lebih singkat dari pada jenis tanaman buah kebanyakan.

 

Pemasaran hasil buah mudah

Ketersediaan buah pisang yang melimpah di pasaran, menciptakan pangsa pasar tersendiri. Penikmat buah pisang pun dapat di bilang dari berbagai kalangan. Mulai dari dewasa hingga anak-anak. Tidak jarang buah pisang menjadi kebutuhan yang tidak bisa terlepas dari masyarakat. Peruntukan buah pisang Mulai dari acara hajatan, kebutuhan untuk bahan jualan seperti pisang goreng, pisang aroma, pisang keju, kolak pisang, molen pisang dan sebagainya, sampai kebutuhan untuk variasi MPASI untuk balita .

Kebutuhan harian

Sebagai salah satu pelengkap kebutuhan makanan pokok, buah termasuk kedalam kategori 4 sehat 5 sempurna. Kebutuhan akan vitamin yang terkandung dalam buah menjadikan buah baik untuk Kesehatan. Buah yang bisa di dapat dengan mudah adalah buah pisang, kaya akan kandungan vitamin A, B6, C dan protein, magnesium, folat. Sehingga tidak jarang buah pisang menjadi sajian penutup makan. Sebagai buah yang banyak di kenal masyarakat, tentu keberadaan buah pisang tidak dapat di lepaskan dari keseharian. Sehingga budidaya buah pisang menjadi solusi untuk terpenuhi nya kebutuhan harian ini.

Berikut adalah hal-hal yang dapat di lakukan setelah mencoba budidaya pohon pisang dan menemui kendala, seperti layu fusarium yang di temui pada beberapa pohon pisang yang telah di tanam.

bibit pisang raja jogja

Cara Mengatasi Layu Fusarium Pada Pohon Pisang

Pada pohon pisang, layu fusarioum biasanya di sebabkan adanya jamur dan cacing parasit yang terdapat di dalam tanah. Apabila keadaan ini tidak di tangani, maka layu fusarium akan dengan mudah menyebar pada pohon sehat. Pohon pisang yang sehat di mulai dengan tepat dalam memilih bibit pisang jogja yang sehat pula.

Untuk mendeteksi adanya layu fusarium ini, maka dapat di lihat dari bagian batang dan daun pohon pisang. Apabila bagian batang bertekstur pecah-pecah dan daun menguning, maka dapat di pastikan pohon pisang tersebut mengalami layu fusarium.

Pada pohon pisang yang telah terkena layu fusarium sebaiknya jangan langsung di tebang karena pada akar hingga menjalar kedaun semua telah menjadi media inoculums penyakit. Maka dari itu usahakan jangan sampai bersentuhan dengan pohon yang lain. Saat menebang pohon yang sakit, percikan air dari batang pohon yang mengandung jamur akan memercik ke bagian pohon sehat, yang ini akan menjadi media baru penularan jamur.

Saat pemindahan pohon yang sudah di tebang pun harus hati-hati, karena baik batang, daun maupun bagian pohon yang lain akan menular kemana-mana.  Pembersihan parang atau sabit untuk memotong pohon pun perlu di perhatikan. Jangan sampai parang yang telah di gunakan untuk memotong pohon yang sakit langsung digunakan untuk memotong pohon sehat tanpa dibersihkan terlebih dahulu.

Layu fusarium dapat menyebar dengan cepat apabila tidak segera di atasi. Maka dari itu akan lebih baik segera menghilangkan pohon yang berpenyakit agar tidak menyebar. Lalu apa saja pencegahan yang dapat di lakukan untuk mengatasi layu fusarium pada pohon pisang?

Pertama yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah dengan pemilihan bibit pisang unggul dan bebas dari penyakit. Selain itu penaburan dolomite pada anakan bibit pisang usia 1 bulan sangat di perlukan untuk mencegah caing dan uret yang ada di dalam tanah menggerogoti akar pohon pisang.

Cara teraman untuk mencegah penularan jamur fusarium ini adalah dengan menyuntik pohon berpenyakit sampai mati. Bagaimana cara menyuntikannya? Caranya dalah dengan menyuntikan herbisida yang mengandung glifosat karena lebih ampuh membunuh pohon sekaligus membunuh jamur yang tersisa. Caranya dengan tusukkan injector hingga menyentuh empulur pohon dengan kemiringan sekitar 45-60 derajat, dengan tinggi sekitar 50cm dari permukaan tanah.

Kemudian keluarkan Injektor dengan cara menarik sambil di putar, masukan alat bantu (bisa berupa tabung kecil atau sejenisnya yang memudahkan penghantaran cairan ke dalam batang pohon)  kemudian suntikan herbisida dengan takaran 10ml tunggu hingga pohon mongering dan mati dengan sendirinya.  Pohon yang sudah mongering dan mati bisa langsung di bongkar untuk di musnahkan.

Vista Agromedia Sebagai Pusat Penjualan Bibit Pisang Jogja

bibit pisang jogja

Demikian tips yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Kami merupakan usaha yang bergerak di bidang pembibitan tanaman buah akan mencoba memberikan info bermanfaat seputar perawatan dan budidaya tanaman buah lainnya. Kami berkomitmen selalu memberikan informasi terbaru yang dapat di praktekkan dalam menunjang proses budidaya anda semua. Besar harapan kami agar para petani Indonesia sukses dalam budidaya dan pengolahan lahan.  Untuk info tips dan cara perawatan pohon pisang dan jenis pohon buah lainnya, silahkan dapat mengunjungi artikel kami yang lain atau bisa menyapa kami di :  “Youtube : jendela tani”.

Kami akan sangat senang menjadi bagian perjalanan kesuksesan anda dalam budidaya pisang. Dengan senang hati kami akan memenuhi kebutuhan bibit pisang dengan kualitas dan keunggulan yang anda butuhkan. Info pemesanan bibit pisang unggul silahkan :

Phone/ wa : 087838393451/ 082136461851

Youtube : Jendela Tani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.