Tertarik Budidaya sengon? Baca artikel ini

Diposting pada 153 views

Mengenal Pohon Sengon atau Albasia

Bibit Sengon,- Pohon sengon adalah salah satu komoditas pertanian yang sangat menjanjikan. Komoditas satu ini adalah tanaman yang sangat strategis karena bisa dibuat menjadi berbagai macam produk lanjutan. Yang utama tentu saja adalah untuk pembuatan perabot rumah tangga. Selain itu pohon sengon juga bisa dibuat untuk perkakas lain seperti peti, pensil, dan almari.

Pohon Sengon Juga Disebut Pohon Albasia

Meskipun lebih dikenal dengan sebutan pohon sengon, nama aslinya sebenarnya adalah pohon albasia. Nama itu diambil dari nama latin tanaman satu ini yang disebut Albazia Falcataria. Karena mungkin namanya terlalu panjang dan susah diucapkan, banyak yang lebih suka menyebutnya dengan pohon sengon saja. Selain itu juga karena penamaan latin biasanya hanya digunakan di forum akademik saja.

Struktur Pohon yang Bagus

Keunggulan pohon sengon dibanding dengan pohon lainnya adalah struktur batangnya yang bagus, yakni lurus dan minim percabangan. Selain itu kulitnya juga tidak berbanir. Sehingga secara alami tekstur pohon sengon sangat rapi. Pertumbuhannya juga cenderung tegak ke atas. Dengan perawatan yang baik, menanam pohon satu ini lebih menjamin pendapatan kayu yang baik.

Mudah Dibudidayakan Secara Massal

Salah satu syarat utama agar pohon bisa dibudidayakan secara massal adalah kemampuannya untuk bertahan di segala bidang tanah. Ini adalah satu dari sekian keunggulan pohon sengon. Telah banyak pengalaman bahwa pembudidayaan pohon sengon tidak saja mudah tetapi juga murah. Karena itu tak heran banyak sekali petani yang tertarik membudidaya bibit sengon secara massal.

Itulah beberapa keunggulan sengon yang perlu Anda ketahui jika ingin melakukan budidaya pohon lurus satu ini. Sejauh ini budidaya pohon sengon cukup populer karena daya guna pohon dan batangnya, selain juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Karena itu ia akan cocok untuk ditanam sendiri untuk mencukupi kebutuhan pribadi. Meskipun pohon ini juga akan sangat cocok untuk dibudidaya secara massal dengan tujuan untuk dipasarkan kemudian. Selamat melakukan budidaya bibit sengon, dan semoga berhasil.

Cara Menyemai Bibit Sengon

Bibit Sengon,- Menyemai bibit sengon seringkali dilakukan secara serampangan. Meskipun tetap akan tumbuh, namun hal tersebut bisa menghambat perkembangan bibit sengon untuk tumbuh subur dan sehat. Mengingat bibit sengon adalah sejak awal akan difokuskan pada perkembangan batangnya, maka cara-cara tertentu agar batang bisa tumbuh maksimal sangat diperlukan. Inilah yang mesti akan tanamkan sejak dini ketika akan menanam bibit sengon yang bertujuan memamen batang sengon yang besar dan lurus.

Memeriksa Kualitas Batang Bibit Sengon

Langkah awal yang mesti dipastikan dalam menanam bibit sengon adalah dengan melihat kualitas bibit sengon yang akan ditanam. Oleh karena itu semestinya Anda melihat bagaimana kondisi batang bibit sengon, yang kriterianya antara lain tegak, berkulit putih kelabu, dan tidak berpenyakit. Dengan kualitas yang baik tentu saja Anda bisa memastikan bagaimana hasil yang maksimal bisa diperoleh. Selain itu, kondisi daun bibit juga mesti diperhatikan, seperti tidak adanya lubang, jumlahnya minimal 10 helai, dan berwarna hijau segar.

Menetapkan Lahan yang Cocok

Lahan yang cocok untuk penyemaian bibit sengon adalah lahan yang berkriteria tropis. Yakni memiliki sumber air yang cukup dan terdapat sinar matahari sepanjang hari. Dengan kondisi lahan seperti di atas, maka lingkungan ideal untuk bibit sengon telah terpenuhi secara baik. Lahan yang cocok inilah yang diperlukan bibit ketika dipindahkan untuk cepat beradaptasi. Biasanya lahan yang ideal ini berada di dataran rendah, dengan ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut.

Perawatan Berkala Sampai Usia 3 Tahun

Usia rawan untuk bibit sengon berkisar dari 0 sampai tiga tahun. Dalam rentang umur ini biasanya bibit sengon membutuhkan perawatan secara berkala dari petani agar mampu tumbuh dengan baik. Dengan usia panen berkisar antara 5-7 tahun, maka setengah dari umur bibit sengon diperlukan perawatan secara saksama. Perawatan ini seperti penyiraman, pemupukan dan penyiangan. Karena bibit sengon adalah tumbuhan dengan ketahanan yang sedang maka perawatan masih perlu dilakukan sebelum ia menginjak usia dewasa.

Kiat Sukses Budidaya Bibit Sengon

Bibit Sengon,- Untuk Anda yang berniat untuk budidaya bibit sengon, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan supaya pohon sengon bisa tumbuh subur. Mulai penyiraman, pemupukan, hingga pengaturan sinar matahari. Tiga aspek dasar itu jika diperhatikan dengan baik akan sangat menunjang pertumbuhan bibit sengon. Untuk itu sebaiknya Anda ketahui beberapa detail berikut ini.

Intensitas Penyiraman Bibit Sengon

Hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah intensitas penyiraman bibit sengon. Bibit sengon adalah adalah jenis tanaman yang mesti mendapatkan asupan air yang cukup, meskipun tidak terlalu tinggi mengingat sifat utama yanaman ini adalah tanaman tropis. Untuk penyiraman bibit sengon yang direkomendasikan adalah satu kali setiap hari dengan ukuran satu liter air saja. Intensitas ini sangat penting untuk menjaga bibit sengon memperoleh asupan air yang cukup dan tidak berlebihan.

Pemupukan Secara Berkala

Memberi pupuk secara berkala adalah salah satu kunci untuk menunjang pertumbuhan bibit sengon agar maksimal. Bibit sengon senantiasa bisa hidup mandiri jika mendapat air dan sinar matahari yang cukup. Meskipun begitu, hasil yang lebih maksimal akan didapat jika pemupukan diberikan kepada bibit secara berkala. Bibit yang disarankan untuk diberikan kepada bibit sengon adalah pupuk buatan. Pupuk buatan atau NPK diberikan untuk menunjang vegetasi bibit sengon. Yakni merangsang pertumbuhan daun supaya cepat lebat dan subur. Pertumbuhan daun tentu saja akan membantu bibit sengon bisa memproduksi lebih banyak makanan dalam proses fotosintesis. Intensitas yag dianjurkan dalam pemupukan ini hanya sekali dalam satu bulan. Kadar tersebut telah cukup ideal untuk menopang pertumbuhan bibit sengon Anda.

Penyiangan Lingkungan yang Kontinyu

Proses menyiangi adalah salah satu elemen utama untuk menjaga bibit sengon tumbuh tanpa diganggu oleh tanaman lain. Sasaran utama penyiangan adalah rumput dan gulma yang ada di sekitar bibit. Rumput dan gulma ini berpotensi besar mengganggu pertumbuhan bibit sengon karena merebut unsur hara yang ada di tanah yang seharusnya bisa diserap oleh bibit sengon secara maksimal.

Memilih Bibit Sengon Terbaik

Bibit Sengon,- Salah satu kunci budidaya bisa berhasil dimulai dari pemilihan bibit yang baik. Hal itu juga berlaku untuk budidaya bibit sengon. Karena pemilihan bibit yang sehat dan berkualitas adalah langkah awal mendapatkan hasil terbaik. Untuk itu Anda perlu mengenali beberapa ciri yang menampakkan kulitas suatu bibit sengon. Berikut ini adalah bebera hal yang bisa Anda perhatikan ketika membeli bibit sengon.

Bertinggi Antara 50 Senti sampai 1 Meter

Untuk bisa ditanam di lahan terbuka, kriteria awal bibit sengon yang baik adalah bertinggi cukup. Tinggi ini biasanya antara 50 senti hingga 1 meter. Untuk kisaran tinggi tersebut juga menjadi kriteria minimal dari penjual bibit. Sehingga Anda tinggal memilih saja mana kulitas bibit yang sesuai. Untuk itu Anda perlu memperhatikan beberapa kriteria lainnya.

Berumur 6 Bulan Hingga 1 Tahun

Umur minimal untuk bibit yang bisa ditanam secara baik adalah kisaran umur setengah hingga satu tahun. Kisaran umur ini sudah cocok karrena telah memiliki akar tunggang yang cukup kuat dan panjang guna menopang pertumbuhan bibit secara baik. Usia kisaran 1 tahun ini biasanya punya tinggi sekitar 1 meter. Namun untuk lebih jelasnya sebaiknya Anda bertanya langsung pada penjual bibit yang bersangkutan.

Berbatang Lurus

Kriteria terakhir bibit sengon yang baik adalah berbatang lurus. Ini sangat penting karena bibit sengon yang lurus akan menghasilkan pohon yang lebih kuat dan bertekstur bagus kedepannya. Apalagi jika bibit yang Anda beli telah diproyeksikan untuk dijual di masa depan. Dengan pemilihan bibit sengon yang tegak, pertumbuhan bibit sengon juga akan lebih maksimal. Hal ini sekaligus mempermudah penanamannya jika akan dibudidayakan secara massal.

Tiga hal tersebut telah cukup sebagai langkah awal untuk mendapat bibit sengon yang baik, selain itu Anda sebenarnya juga bisa melihat daun dan kondisi kulit dari bibit sengon. Dengan pengamatan yang lebih teliti, biasanya akan tampak kasat mata mana bibit sengon yang sehat dan mana yang berpenyakit atau kurang normal pertumbuhannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.