Bibit Durian Bawor; asal, karakter, dan tips budidaya

Diposting pada 116 views

Mengenal Asal usul Bibit Tanaman Durian Bawor

Durian Bawor adalah durian yang sangat digemari oleh orang di Indonesia. Hal  ini terasa wajar karena durian bawor memang meiliki rasa yang sangat enak. Selain itu durian jenis ini juga mudah didapat di kios-kios buah pinggir jalan. Hal  ini tak terlepas dari banyaknya orang yang menanam durian jenis ini. Bibitnya juga dapat diperoleh dengan mudah. Terutama karena memang durian jenis ini banyak dibudidayakan di daerah Jawa Tengah.

Berasal  dari Banyumas

Barangakali tidak banyak yang tahu bahwa durian bawor berasal  dari Banyumas. Yaitu kabupaten yang terletak di sebelah baratdaya Semarang. Kondisi wilayah ini secara garis besar berupa pegunungan dengan cuaca tropis basah. Hal ini sebab banyumas yang sebagian besar terdiri pegunungan dengan gunung utama adalah gunung Slamet. Di daerah sana banyak terdapat sentra pengembangan durian bawor.

Hasil Metode Penyambungan dua Jenis Bibit Durian

Keunggulan durian bawor yang terkenal  selain rasanya yang enak adalah ukurannya yang besar, beratnya bisa mencapai 15 kilogram per buah. Hal ini didapatkan dari penyambungan dua bibit unggul durian. Metode yang digunakan adalah vegetatif, yakni menyambung dua jenis bibit unggul untuk mendapatkan jenis baru yang lebih kuat dan menghasilkan buah  yang enak. Metode ini disebut “Sarakapita”.

Keunggulan utama dari okulasi “Sarakapita” adalah hasilnya yang mampu memperoleh jenis durian dengan rasa baru. Pertumbuhan jenis durian bawor akan lekas besar. Karena pucuk pohon yang disambung telah menghasilkan buah. Dengan menyambungkan  jenis pokok yang kuat, durian bawor  tidak mudah roboh pohonnya.

Perawatan yang Lebih Mudah

Keunggulan durian bawor selanjutnya adalah kemudahannya untuk dirawat. Hal ini tentu memudahkan siapa saja yang hendak melakukan budidaya durian bawor. Sebagaimana telah disebutkan di atas, kemudahan ini didapat dari penggabungan jenis durian yang berbatang tangguh dengan yang berbuah  enak. Untuk itu bagi Anda yang tertarik untuk budidaya durian, jenis durian bawor adalah salah satu yang sangat disarankan. Dengan buah yang besar dan enak, selain ketangguhan jenisnya, hasil panen yang menjanjikan akan dihasilkan oleh durian bawor.

Cara Menyemai Bibit Buah Durian

Menyemai bibit buah durian bukanlah hal yang sulit. Meski juga tidak bisa dikatakan gampang. Karena karakter khusus durian yang lebih cocok dengan cuaca dingin dan sedang, maka tidak setiap cara tanam bisa dilakukan semua tempat. Terutama yang di daerah rendah dengan kondisi cuaca yang  panas. Oleh karena itu untuk Anda yang tinggal di dataran rendah dan panas seperti pesisir utara, ada kiat-kiat khusus agar penyemaian bibit durian anda bisa bagus.

Jika anda ingin menyemai bibit durian dari biji, maka pastikan jarak antara biji dikupas dengan penanaman di tanah tidak lama. Jangan biarkan biji durian yang anda akan semai kering. Karena kemungkinan besar biji itu tidak akan bisa tumbuh. Biji durian sangat rentan akan cahaya matahari dan suhu yang panas. Ketika menanam ke dalam tanah pastikan juga titik pusatnya biji menghadap ke bawah. Dari sanalah yang nanti akan tumbuh akar. Dengan menghadapkannya ke bawah, akar yang tumbuh akan kuat untuk menopang batang kemudian.

Setelah bibit disemai, siapkanlah tempat yang teduh untuk meletakannya. Dalam hal ini Anda bisa mencari posisi di sekitaran rumah yang tidak terkena panas matahari secara langsung. Sangat dianjurkan untuk membuat tempat khusus yang beratap guna melindungi bibit tersebut. Siramlah bibit secara berkala sehingga tumbuh tunas dan daun.

Tempat khusus ini juga berlaku untuk Anda yang membeli bibit di toko atau agen penjual bibit durian. Untuk satu bulan pertama, perawatan bibit durian mesti dilakukan dengan teliti. Pembersihan akar-akar yang menyembul dari polibag juga perlu dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menyeleksi agar akar yang tumbuh bisa lebih rapi. Tambahkan juga anti-hama agar pertumbuhan bibit tetap terjaga.

Perawatan ini mesti dilakukan secara berkala hingga bibit bisa ditanam di pekarang atau ladang terbuka. Sebelum pohon dewasa, bibit durian tidak boleh terpancar sinar matahari secara langsung. Hal ini sangat berbahaya untuk daun-daun muda yang baru tumbuh. Karena sinar matahari langsung mampu membakar daun yang baru tumbuh tersebut.

Memilih Bibit Durian Bawor Terbaik

Durian bawor adalah salah satu jenis durian yang cukup digemari di Indonesia. Karena cita rasa dan ketahanannya yang terkenal bagus maka tidak heran banyak peminatnya. Durian bawor sendiri adalah jenis durian hasil pengembangan. Dengan menggunakan metode penyambungan batang, durian jenis ini menggabungkan jenis durian montong orange di atas dengan batang durian jenis lain dibawah yang berfungsi sebagai pokok penyangga.

Oleh karena itu tidak semua orang bisa mengembangkan bibit durian bawor sendiri. Jalan mudah yang bisa dilakukan adalah dengan membeli ke toko tananaman atau agen penjual bibit pertanian. Untuk itu, Anda yang berminat membeli sebaiknya memperhatikan dengan saksama bibit durian bawor yang hendak Anda tanam nantinya. Beberapa ciri bibit durian bawor yang bagus adalah sebagai berikut.

Pertama, perhatikan batang bibit durian. Batang yang lurus adalah yang paling bagus untuk ditanam. Hal ini menampakkan kesuksesan dan kesempurnaan dalam penyambungan batang. Sehingga diperoleh batang yng kuat di mana akan menopang pertumbuhannya karena mampu menyalurkan nutrisi yang diserap akar ke ranting dan daun.

Kedua, usia bibit yang bisa ditanam biasanya lebih dari enam bulan. Ciri-ciri yang nampak adalah persambungan batang berjarak sekitar 10 cm. kurang dari kisaran itu sangat tidak disarankan untuk ditanam. Karena kemungkinan keberhasilan penyambungannya belum terjamin. Adapun ukuran standar yang bagus untuk batangnya adalah kisaran garis lingkar 1 cm.

Ketiga, daun yang tumbuh sudah lebat. Ukuran lebat untuk bbiit durian kisaran 1 tahun adalah 8-10 helai daun. Kerimbunan 8-10 daun telah cukup menopang pertumbuhan bibit durian bawor untuk ditanam di tanah lapang. Pastikan juga daun yang tumbuh berwarna hijau dan tidak berlubang. Hal ini untuk memastikan ketiadaan hama yang menjangkiti bibit durian bawor.

Dengan memperhatikan tiga unsur di atas Anda setidaknya telah mendapat gambaran bagaimana memilih bibit durian bawor yang bagus. Untuk lebih jelasnya mintalah keterangan penjual terkait usia bibit. Akan lebih baik jika usia berada di kisaran 1-2 tahun. Itu akan lebih menjamin bibitdurian bawor tumbuh dengan baik.

Durian Bawor Cocok Ditanam di Daerah Pegunungan

Durian sebagai salah satu buah yang digemari karena aroma dan rasanya yang enak ternyata lebih cocok ditanam di daerah pegunungan. Walaupun begitu, durian bawor juga bisa ditanam di dataran rendah dengan syarat agak jauh dari pantai +- 7 KM. Untuk itu bagi Anda yang tertarik bertanam durian bawor alangkah baik  jika Anda memiliki tanah atau ladang di daerah pegunungan. Ada beberapa alasan yang mendasari kenapa durian lebih cocok di daerah pegunungan. Berikut ini beberapa alasan yang mendasarinya.

Bibit Durian Membutuhkan Suhu agak sejuk

Hal penting yang perlu Anda ketahui adalah kebutuhan bibit durian akan suhu rendah untuk bisa tumbuh dengan baik. Suhu yang dibutuhkan antara 20-30 derajat Celsius. Suhu tersebut untuk wilayah dan iklim seperti  Indonesia biasanya ada di dataran pegunungan. Dengan ketinggian yang cukup dari permukaan laut, suhu ideal tersebut akan menopang pertumbuhan bibit durian.

Butuh Sinar Matahari yang Maksimal

Durian bawor akan tumbuh dengan cepat bila mendapatkan sinar matahari yang maksimal. Sinar matahari yang maksimal membuat proses tumbuh kembangnya pohon durian optimal. Untuk itu, usahakan agar tidak ada tanaman yang menghalangi dari pancaran sinar matahari ke bibit durian yang kita tanam.

Bibit Durian Cocok dengan Danah Endapan Abu Vulkanik

Tanah yang terbentuk dari endapan letusan abu vulkanik seperti kawasan lereng gunung Merapi sangat cocok untuk habitat pertumbuhan durian bawor. Tanah jenis ini biasa  disebut tanah ondosol. Dengan derajat keasaman 5-7, jenis tanah hasil kawah bumi tersebut akan menyuburkan. Keunggulan utama tanah pegunungan adalah kandungnnya akan tanah liat dan debu yang seimbang. Pergabungan dua jenis tanah tersebut lebih mampu mengikat air dibanding jenis tanah lainnya.

Selain tiga alasan tersebut ada juga keunggulan tanah pegunungan lainnya, yakni  kadar airnya yang tidak terlalu tinggi. Kadar air yang sedang ini membuat akar bibit durian bawor tidak mudah membusuk karena terendam air. Untuk itu bagi Anda yang hnedak bertanam durian bawor disarankan untuk teliti mengatur kadar air di habitat tumbuh durian bawor.

Apakah dataran rendah bisa ditanam durian bawor?

Durian bawor juga bisa ditanam di dataran rendah dengan syarat mdpl nya di atas 200 dari permukaan laut. Bila diibaratkan daerah yang mendekati Pantai seperti parangtritis kurang cocok ditanam durian bawor. Lain halnya dengan daerah Kota Jogja yang radiusnya dari pantai 15 KM lebih dengan mdpl diatas 200 meter masih bisa ditanam durian bawor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.