tanaman black sapote

Apa itu Black Sapote

Diposting pada 8 views

Mengenal Tanaman Black Sapote

tanaman black sapote

Tanaman Black sapote (Diospyros texana) adalah jenis buah yang berasal dari keluarga Ebenaceae yang berasal dari Meksiko. Ada juga menyebutnya kesemek hitam. Meskipun memiliki nama yang mirip dengan buah sapote, black sapote sebenarnya tidak terkait dengan sapote yang berasal dari genus Pouteria. Black sapote dikenal dengan sejumlah nama lain, termasuk “chocolate pudding fruit” atau “black persimmon.”

 

Berikut beberapa ciri khas dan informasi mengenai black sapote:

Ciri Khas Black Sapote

  1. **Penampilan:**

Black sapote memiliki kulit buah yang halus dan warna kulit yang bervariasi dari hijau tua hingga coklat tua saat matang. Daging buahnya berwarna coklat gelap hingga hitam saat matang.

 

  1. **Tekstur dan Rasa:**

Daging buah black sapote memiliki tekstur yang lembut dan halus, mirip dengan puding cokelat. Rasanya manis dan seringkali dibandingkan dengan rasa cokelat atau mousse cokelat. Oleh karena itu, black sapote sering disebut sebagai “buah puding cokelat.”

 

  1. **Nutrisi:**

Black sapote kaya akan vitamin C dan serat. Buah ini juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, dan zat besi.

 

  1. **Pertumbuhan:**

Tanaman black sapote dapat ditemukan di daerah tropis dan subtropis, terutama di Amerika Latin, tetapi juga dapat tumbuh di beberapa daerah dengan iklim yang sesuai. Black sapote tumbuh sebagai pohon yang tingginya dapat mencapai 25 kaki atau lebih.

 

  1. **Pemanfaatan:**

Black sapote biasanya dikonsumsi segar, langsung setelah dipetik. Beberapa orang juga menggunakannya sebagai bahan dalam berbagai hidangan pencuci mulut, seperti pudding atau es krim. Karena rasa cokelat yang alami, buah ini bisa menjadi alternatif yang menarik untuk pencuci mulut yang lebih tradisional.

 

Black sapote memiliki potensi untuk menjadi buah yang menarik karena rasa dan teksturnya yang unik. Namun, perlu diingat bahwa informasi ini mungkin dapat berubah tergantung pada lokasi geografis dan varietas tertentu dari black sapote.

Bisa Ditanam di dalam Pot

Tanaman black sapote bisa tumbuh dan berbuah ketika ditanam di pot. Tanaman ini cocok pula selain diambil buahnya juga dijadikan hiasan depan rumah. Ditaruh diteras lantai atas juga cocok karena akarnya tidak agresif tumbuh ke bawah.


Bibit Black Sapote Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terdiri dari lima kabupaten dan satu kota, serta memiliki sejumlah kecamatan di setiap wilayah administratifnya. Berikut adalah daftar kecamatan di Daerah Istimewa Yogyakarta per Maret 2022. Harap dicatat bahwa informasi ini mungkin berubah setelah tanggal pengetahuan saya, jadi disarankan untuk memverifikasi data terbaru dari sumber resmi atau pemerintah setempat:

 

  1. **Kota Yogyakarta:**

– Gondokusuman

– Jetis

– Kotagede

– Kraton

– Mantrijeron

– Mergangsan

– Ngampilan

– Tegalrejo

– Danurejan

– Gedongtengen

– Gondomanan

– Pakualaman

– Umbulharjo

– Wirobrajan

 

  1. **Kabupaten Bantul:**

– Bambanglipuro

– Banguntapan

– Imogiri

– Jetis

– Kasihan

– Kretek

– Pajangan

– Pandak

– Piyungan

– Pleret

– Pundong

– Sanden

– Sedayu

– Sewon

– Seyegan

– Sleman

– Tempel

– Yogyakarta

 

  1. **Kabupaten Sleman:**

– Berbah

– Cangkringan

– Depok

– Gamping

– Godean

– Kalasan

– Mlati

– Moyudan

– Ngaglik

– Ngemplak

– Pakem

– Prambanan

– Seyegan

– Sleman

– Tempel

– Turi

 

  1. **Kabupaten Gunung Kidul:**

– Gedangsari

– Girisubo

– Karangmojo

– Ngawen

– Nglipar

– Panggang

– Patuk

– Playen

– Paliyan

– Ponjong

– Rongkop

– Samigaluh

– Semanu

– Saptosari

– Tanjungsari

– Tepus

– Wonosari

 

  1. **Kabupaten Kulon Progo:**

– Galur

– Girimulyo

– Kalibawang

– Kokap

– Lendah

– Nanggulan

– Panjatan

– Pengasih

– Samigaluh

– Sentolo

– Temon

– Wates

 

  1. **Kota Sleman:**

– Depok

– Gamping

– Mlati

– Ngaglik

– Ngemplak

– Pakem

– Turi

 

Harap diperhatikan bahwa pembagian administratif dapat berubah, dan penting untuk memverifikasi informasi ini dengan sumber resmi pemerintah setempat atau Dinas Pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mendapatkan data terbaru.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.