Bibit Alpukat Jogja

Diposting pada 110 views

Kriteria bibit alpukat Unggul secara Fisik

  • Daun bibit mulus dan tidak ada hama penyakit. Warna daun bibit hijau cerah atau pucuknya berwarna hijau atau merah muda. Jika sedang kondisi stagnan, daunnya berwarna hijau tua yang mengkilap. Jika ada bekas serangan hama dan penyakit serta menggulung, sebaiknya tanaman diwaspadai.
  • Batang bibit sehat, lurus, kulit batang cerah beralur, potongan cabang/dahan tidak dipaksakan, serta bentuk proporsional atas dengan bawahnya. Batang atas harus tegak mengarah ke atas, tidak bengkok,atau merunduk ke bawah. Untuk bibit yang lebih dari satu meter, pilih bibit yang ada percabangannya. Tananaman yang baik memiliki banyak cabang ke semua arah serta tajuknya rimbun. Selain itu, batang bebas dari jamur yang menempel dan hama, seperti bulatan putih (kutu putih) serta penggerek atau bekas sayatan.
  • Akar bibit memiliki banyak akar serabut. Bahkan, akar serabut sudah sampai ke tepian polybag atau menembus polybag dan akar tampak putih.
  • Bibit yang sudah berbuah diperhatikan kerontokan daun dan bentuk buahnya. Sebaiknya daun tidak rontok. Bentuk buah harus sempurna, tidak berulat, proposional, tidak mengecil, warna kulit buah cerah, atau biasanya berminyak atau ada bubuk putihnya.

Jenis bibit alpukat unggulan yang banyak dicari di Vista agro bibit buah jogja

Alpukat alligator

Alpukat alligator masih menjadi jenis alpukat yang paling dicari diantara jenis alpukat lainnya. Hal ini karena alpukat alligator bersifat genjah alias cepat berbuah dibanding jenis lainnya. Keunggulan lainnya adalah alpukat alligator bisa ditanam di pot alias bisa dibesar dalam media pot (tabulampot). Hal itu tentu saja disukai masyarakat perkotaan yang memang lahannya terbatas. Secara ukuran buah alpukat alligator cenderung lonjong dan besar dengan bobot hamper mencapai 1 kg per buahnya. Tanaman alpukat sangat cocok ditanam 500 mdpl sampai 2000 an mdpl.

 

alpukat aligator

contoh buah alpukat aligator.

Untuk area jogja, alpukat sangat cocok ditanam di kawasan Kecamatan Cangkringan, Kalasan, Sleman, Godean, Ngaglik, Minggir, Tempel, Turi, Pakem, Mlati, dan Kawasan lereng gunung Merapi dan sekitarnya. Untuk area dekat pantai kurang cocok ditanami alpukat, kecuali bibit kelapa yang lebih cocok di Kawasan manapun.

bibit alpukat aligator

Alpukat Kendil

Alpukat kendil adalah salah satu jenis alpukat yang memiliki ukuran buah paling tinggi disbanding jenis lainnya. Buah alpukat kendil umumnya bulat dengan bobot bisa mencapai lebih dari 1 Kg per buahnya. Tanaman kendil cocok ditanam di area Jogja, Sleman dan Kawasan lereng Merapi dengan 500 -2000 an mdpl.

Alpukat Mentega

Alpukat mentega termasuk jenis yang banyak dicari petani alpukat. Alpukat mentega secara ukuran masih di bawah kendil dan alligator. Namun keunggulan alpukat ini memiliki jumlah buah yang relative lebih banyak. Perawatan alpukat mentega juga sama secara umum, yaitu dilakukan pemupukan secara berkala, serta penyemprotan hama dan memastikan ketersediaan sinar matahari cukup serta air yang cukup.

bibit alpukat mentega

 

Vista agro; pusat kebun bibit alpukat jogja yang patut dikunjungi

Bila anda bingung dimanakah yang menjual bibit alpukat jogja unggul tersebut, Vista agro solusinya. Terletak di deket ringrot barat Sleman paling utara ( utara RSA UGM) vista agro menyediakan bibit alpukat aligator, kendil, miki, mentega, red vietnam dengan harga terjangkau. Bila anda bingung bisa minta share lokasi ke WA kami di 087838393451. Pembelian banyak gratis ongkir area Jogja. Saatnya bertanam pohon alpukat yang memiliki harga relatif tinggi dan stabil.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.