Mengenal Rumput Odot; Pakan Ternak Sarat Gizi

Diposting pada 89 views

Pengertian Rumput Odot

Barangkali diantara para petani dan peternak diantara kalian belum faham apakah rumput odot itu. Ya, rumput odot adalah salah satu varietas rumput gajah (Pennisetum purpureum), di luar negeri rumput ini di kenal sebagai Napier Grass, atau Mott Elephant Grass. tanaman ini mampu tumbuh pada musim kemarau dengan tanah yang memiliki tingkat kesuburannya rendah.

bibit rumput odot

Pertama Kali ditemukan

Rumput ini pertama kali di temukan oleh Dr.W. Hanna di Georgia, USA kemudian dikembangkan oleh Dr. Mott dan rekannya di Florida, USA. Ciri ciri rumput odot apa ya? Ciri ciri dari rumput odot sendiri adalah memiliki tinggi 40–75 cm, dalam satu rumpun rumput ini menghasilkan 50–80 batang. Selain itu batangnya empuk, tidak berbulu, dan menghasilkan banyak ruas dalam satu rumpun. Serta memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari rumput gajah, yakni 11 persen.

Mulai dikembangkan di Indonesia

Di Indonesia, tanaman ini mulai dibudidayakan di Tulungagung, Jawa Timur oleh seorang peternak kambing PE yang bernama Pak Odot pada tahun 2007. Perlahan tapi pasti, bibit rumput odot berkembang dan populer hingga sekarang. Dari kami sendiri, Vista agro kenal rumput ini dari komunitas hewan ternak kambing di facebook di Pati, lalu coba kita tawarkan ke peternak, rupanya banyak yang minat. Dari situ kami mulai menyeriusinya dan alhamdulilah telah tersebar ke hampir seluruh penjuru Indonesia. Termasuk Jogja, Solo, Semarang, Palembang, Blitar, Sragen, Pemalang, Bali, Kalimantan, Medan, Lampung, dan lain sebagainya.

bibit rumput odot
bibit rumput odot

Kesukaan hewan Ternak; Kambing, Sapi

Rumput Odot biasanya di gunakan sebagai pakan hewan ternak sapi atau domba. Pada musim panas rumput ini menjadi incran para peternak karena kualitasnya yang mampu bertahan hidup dalam kondisi sulit air sekalipun.
Cocok Untuk Penggemukan Gambing

Rumput odot dikenal memiliki protein nabati tinggi yang cocok untuk mempercepat proses penggemukan hewan ternak seperti kambing, sapi, kerbau, rusa dan kelinci. Tekstur rumput odot yang lembut dan berdaun lebat membuat hewan ternak begitu menyukai tanaman rumput odot.

Lahan yang cocok untuk Menanam Rumput Odot

Tanaman rumput odot bisa ditanam di dataran tinggi maupun rendah. Tanaman rumput odot bisa ditanam di tanah berpasir, tanah merah dan tanah coklat. Yang terpenting lahannya subur, kaya akan unsur organic.

3 Alasan Menanam Rumput Odot

Kaya Protein

Rumput odot memiliki kandungan nutrisi yang tinggi protein sehingga cukup mempercepat hewan ternak cepat besar dan gemuk.

Mudah dibudidayakan.

Rumput odot mudah ditanam di area mana saja. Tidak harus menggunakan pupuk yang mahal. Menggunakan sisa sisa pembakaran daun, pupuk organikpun bisa.

Disukai Hewan Ternak

Dengan tekstur yang lembut dan daun yang lebat, tanaman rumput odot begitu disukai hewan ternak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.