Budidaya Kelapa Kopyor Sebagai Investasi Cerdas Masa Depan

Diposting pada 53 views

Pengertian kelapa kopyor

Tahukah anda, apakah kelapa kopyor itu? Menurut sumber Wikipedia, istilah kelapa kopyor (yang oleh sebagian masyarakat di Jawa Tengah disebut garoh) adalah kelainan genetik pada buah kelapa. Ciri kelainan ini adalah “daging buah” yang empuk atau terlepas dari tempurungnya, jumlah air kelapa sedikit, dan aroma yang khas yang berbeda dari daging kelapa biasa. Sifat ini merupakan hasil mutasi spontan di bagian mayang yang bersifat setempat (biasa dikenal dalam botani sebagai chimera). Perubahan sifat ini dapat terjadi pada saat setelah pembuahan atau bahkan sebelumnya. Buah kelapa kopyor dapat dikenali dengan menggoyang-goyangkan buah ke kiri dan ke kanan, dan akan terdengar bunyi seolah buah kelapa tersebut bukan terisi air tetapi terisi pasir.

Bernilai 5 kali lipat dari kelapa biasa

Buah kopyor sangat disukai karena rasanya yang menyegarkan bila disajikan sebagai minuman. Kegunaan lainnya ada sebagai bahan kue, baik kue kering maupun kue basah. Nilai ekonomi budidaya kelapa kopyor juga sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan kelapa biasa, harga kelapa kopyor dapat mencapai empat sampai lima kalinya.
Jenis jenis kelapa kopyor
Kelapa kopyor terbagi menjadi 2 berdasarkan metode pengembangbiakannya. Satu kultur jaringan yang diperoleh melalui proses pengembangan di laboratorium. Kedua kelapa kopyor generative yang diperoleh secara tradisional yaitu dari hasil indukan pohon yang sering menghasilkan kelapa kopyor.

Jenis Jenis Kelapa Kopyor

Berdasarkan warna, jenis kelapa kopyor terbagi menjadi tiga, yakni hijau, coklat dan kuning.

Keunggulan kelapa kopyor sebagai investasi masa depan

Bernilai jual tinggi

Kelapa kopyor di pasaran dihargai cukup tinggi disbanding kelapa biasa. Satu buahnya bisa mencapai 50 ribu per butir harganya. Tingginya harga kelapa kopyor sebanding dengan rasanya yang lezat dan biasa disajikan di restoran ternama.

Prospek Cerah

Menanam kelapa kopyor ibarat melakukan investasi masa depan yang gemilang di bidang agribisnis. Pohon kelapa sekali berbuah ia tak akan pernah berhenti. Ia akan terus menerus berbuah sepanjang tahun hingga umunya mencapai 30 an tahun.

Cepat panen

Menanam kelapa kopyor genjah cepat panen karena kurang dari 5 tahun bisa berbuah. Dan tentu saja produktivitasnya tinggi. Disamping itu, tanaman kelapa ini tidak ribet, tidak harus dirawat setiap hari. Perawatan utama tanaman ini adalah pencegahan terhadap hama kumbang badak yang umumnya menyerang kelapa setelah umur 3 tahunan. Untuk itu,lakukan semprotan insektisida secara berkala sejak umur 3 tahunan.

Bibit kelapa kopyor Pati yang diakui nasional

Bibit kelapa kopyor yang kami jual adalah jenis genjah generative asal Pati Jawa tengah yang sudah diakui nasional. Pengakuan itu dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) No. 3995/KPTR/SR/120/12/2010 yang siap dilepas untuk kelapa genjah varietas genjah cokelat kopyor. Berikutnya varietas genjah hijau kopyor dengan sertifikat No. 3936/KPTR/SR/120/12/2010, sedangkan genjah kuning kopyor sertifikat No. 3997/KPTR/SR/120/12/2010.

Vista Agromedia; Jual bibit kelapa kopyor

Owner kami sendiri adalah asal Pati yang kini bermukim di Jogja dan menjual bibit kelapa kopyor jenis genjah generative. Harga bibitnya tentu saja menyesuaikan jumlah order. Harga eceran 35000 per batang. Beli banyak bisa kurang. Bila anda berminat silahkan WA saja ke 087838393451 beralamat di Getas Kalongan RT 07/14 Tlogoadi Mlati Sleman Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.