Bibit Jeruk Unggul

Diposting pada 50 views

Mengenal Budidaya Jeruk

Buah jeruk memang sudah tidak asing di temui di tengah masyarakat. Pelaku budidaya jeruk juga telah tersebar luas, hamper di seluruh kawasan Indonesia ada. Banyak jenis jeruk yang sudah di budidayakan. Diantara jenis jeruk yang sering di budidayakan adalah jeruk keprok, jeruk purut, jeruk lemon, jeruk nipis, nagami dan juga santang madu.

Adapun budidaya jeruk bukan hanya di manfaatkan buah untuk konsumsi saja, akan tetapi daun jeruk pun dapat di manfaatkan terutama jeruk purut, daun nya dapat menadi penyedap makanan. Karena aroma nya yang segar biasanya di gunakan untuk penyedap bumbu masakan dan berbagai panganan lain.

Budidaya jeruk menjadi jalan tepat untuk melestarikan buah ini. Bukan hanya untuk pelestarian, budidaya jeruk juga dapat mendatangkan cuan. Kunci keberhasilan budidaya jeruk terletak pada langkah awal yaitu pemilihan bibit jeruk yang baik dan benar. Karena apabila salah menentukan langkah awal ini, maka akan bisa di prediksi akan fatal pada langkah selanjutnya.

Bibit Jeruk Unggul

Pemilihan bibit jeruk yang baik dapat di mulai dengan pemilihan jenis jeruk yang akan di tanam. Sebaiknya memilih jenis jeruk yang banyak di butuhkan di pasaran, seperti jeruk santang madu, jeruk nipis, jeruk purut, jeruk lemon, jeruk keprok. Apabila hanya ingin di gunakan untuk keperluan pribadi tanpa tujuan komersil maka jeruk nagami dapat di pilih, karena jeruk ini memiliki ukuran buah kecil, namun memiliki ke unikan rasa manis yang terdapat dalam buah maupun kulit nya. Iya kulit nya dapat di makan rasanya pun tidak kalah manis dari buah nya.

bibit jeruk nagami
bibit jeruk nagami

Pemilihan bibit jeruk juga dapat di tentukan dari cara pembibitan. Maksudnya yaitu pembibitan jeruk bisa di dapat dengan cara vegetatif , cangkok maupun okulasi. Cara pembibitan vegetative adalah bibit jeruk yang di dapat dari biji, yakni biji di semai pada lahan subur hingga menunggu tumbuh, namun kelemahan pembibitan ini adalah masa tunggu pertumbuhan bibit yang sangat lama dan belum tentu bibit yang di hasilkan seperti yang di harapkan. Sehingga akan banyak membuang waktu dan tidak efektif.

Perbanyakan Bibit Jeruk

Bibit jeruk yang berasal dari cangkok di peroleh dengan cara melukai bagian batang dari pohon yang sudah pernah berbuah, di buatkan geratan luka, kemudian di ikat dengan media tanam untuk pertumbuhan akar. Cara ini termasuk efektif untuk menghasilkan bibit jeruk yang kokoh dan pertumbuhan yang baik. Namun cangkok bibit jeruk ini jarang di pilih, karena termasuk sedikit membutuhkan ke ahlian. Demikian juga penyedia bibit jeruk jarang sekali yang menyediakan bibit jeruk dalam bentuk cangkok.

Nah pemilihan bibit jeruk yang terakhir ini mudah di jumpai dan tentu banyak tersedia di setiap penyedia bibit jeruk , yaitu bibit jeruk dengan cara okulasi atau tempel. Bibit jeruk yang di okulasi memiliki kelebihan bibit mudah tumbuh dan terbukti cepat berbuah dari pada bibit yang di hasilkan dari biji. Bibit jeruk okulasi berasal dari tempelan ranting cabang pohon yang sudah pernah berbuah. Jadi kemungkinan pembuahan selanjutnya juga akan lebih cepat.

Bibit jeruk tergolong mudah beradaptasi dan mudah dalam perawatan. Dalam artian perawatan yang di berikan santai pun tetap menghasilkan. Tidak seperti budidaya buah jenis lain yang kadang memerlukan perhatian ektra, budidaya jeruk ini tergolong tidak ribet. Maka dari itu tidak ada salahnya lahan yang di miliki tidak di biarkan nganggur. Mari bertanam bibit jeruk, selain menghasilkan buah yang dapat di manfaatkan, secara tidak langsung kita pun ikut merawat bumi dengan bercocok tanam, menghasilkan oksigen untuk keberlangsungan kelestarian alam. Maka akan sangat bahagia bagi kami apabila dapat menjadi bagian momen kesuksesan budidaya jeruk yang akan anda mulai, maka kami menyediakan bibit jeruk berkualitas dengan harga terjangkau. Jangan ragu, silahkan hubungi kami  :

Phone/wa : 087838393451/082136461851

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.