6 bibit pisang unggulan yang patut dibudidayakan di Jogja dan Indonesia

Diposting pada 136 views

1 Bibit Pisang Raja

Bibit pisang raja memiliki ciri khas warna sedikit kemerahan di batang bawahnya dengan tekstur daun lembut kehijauan. Sekilas bibit pisang raja mirip sama bibit pisang kepok. Akan tetapi tekstur bibit pisang kepok lebih kaku dibanding bibit pisang raja. Pisang raja masih menjadi primadona petani pisang di Indonesia mengingat beragam keunggulan yang dimilikinya.

bibit pisang raja

Pisang raja ini memiliki bentuk seperti silinder dengan kulit sedikit tebal sekitar 3 milimeter dan bagian ujung pisang raja berbentuk bulat atau persegi empat. Bunga pada pisang raja akan tumbuh pada usia 14 bulan dan pisang akan matang pada 150-160 hari. Jika dilihat secara sekilas, pisang satu ini bentuknya hampir mirip dengan pisang Ambon. Adapun warna pisang raja yang biasa ditemui adalah warna kuning muda dan kuning tua.

Bagian daging buah pisang raja memiliki warna putih sedikit kekuning-kuningan atau kuning muda. Rasanya manis, tidak berbiji, dan sedikit keras. Namun, aroma pisang pada pisang raja kurang tercium oleh hidung.Pisang raja ini memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Vitamin C yang terkandung pada pisang raja sangat cocok untuk antioksidan tubuh. Antioksidan itu sendiri sangat baik untuk tubuh karena dapat mencegah masuknya radikal bebas. Kandungan serat yang di pisang raja sangat cocok untuk kamu yang sedang sulit BAB.

Pisang ini sangat enak untuk dimakan langsung, tetapi jika kamu ingin mengolah menjadi makanan lain bisa saja. Misalnya pisang raja diolah menjadi kue nagasari (kue yang didalamnya terdapat pisang), nugget, dll.

pisang raja

2 Bibit Pisang Ambon

Bibit Pisang ambon sekilas mirip dengan cavendish dan emas. Sama sama memiliki toh atau tanda khusus seperti bintik bintik yang melekat di daun pisang. Bedanya bibit pisang ambon daunnya lebih lebar dibanding emas yang cenderung lebih pendek. Buah Pisang Ambon biasanya sering mudah kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Bentuk pisang ini agak melengkung dan sedikit lebih panjang. Kulit buah dari pisang Ambon kira-kira sekitar 2,4-3 millimeter. Bunga pada pisang ini akan muncul ketika sudah berusia 11-12 bulan serta pisang akan siap panen sekitar 4-5 bulan. utama untuk es pisang ijo, hingga dapat diolah menjadi kue bolu.

bibit pisang ambon

3 bibit Pisang Mas

bibit pisang mas mudah dan cocok dikembangkan di Indonesia. Pohon pisang mas ini akan mengeluarkan bunganya ketika sudah berumur 12 bulan, kemudian setelah berbunga pisang akan siap panen sekitar 5,5 bulan. Pisang ini memiliki bentuk silinder dan cukup pendek. Bahkan, bentuk pisang mas jika dibandingkan dengan pisang lainnya bentuknya akan terlihat lebih kecil. Kulit dari pisang dengan bentuk silinder ini setebal 1 milimeter. Daging buah pada pisang ini rasanya manis, tetapi sedikit kesat dan sepat. Aroma dari pisang ini tidak begitu kuat. Satu tandan pada pisang ini biasanya akan ditumbuhi oleh 4-6 sisir serta setiap sisirnya akan menghasilkan 6-8 buah.

Pisang mas sangat cocok untuk kamu yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, karena dengan mengonsumsi pisang ini, maka tekanan darah kamu bisa turun. Selain itu, pisang mas memiliki kandungan mineral kaliym dan sodium yang rendah, sehingga mengonsumsi pisang mas akan mengurangi risiko terkenanya penyakit stroke atau jantung. Pisang mas sangat cocok untuk dijadikan sebagai asupan pengganti energi karena kandungan karbohidratnya cukup tinggi.

Meskipun pisang mas berbentuk kecil dari pisang lainnya, tetapi pisang ini dapat diolah menjadi makanan lain. Pisang mas dapat diolah menjadi pisang goreng yang renyah dan gurih. Bukan hanya digoreng saja, pisang ini dapat diolah menjadi brownies pisang dan bolu pisang. Pisang kepok memiliki jantung yang berbentuk bulat seperti telur dan kelopak luar dari jantung pisang warnanya ungu. Satu tandan pisang kepok biasanya memiliki panjang 30-60 cm serta satu tandanya terdiri dari 5-9 sisir dengan jumlah buah sebanyak 10-14 buah. Sementara itu, pisang ini berbentuk segitiga, segiempat, atau bulat.

4 Bibit Pisang Kepok

bibit pisang Kepok sekilas mirip bibit pisang raja. Bagi yang sudah mahir di bidang pembibitan tentu saja bisa membedakan mana tanaman bibit pisang kepok dan raja. Bibit Pisang kepok memiliki jumlah daun cenderung lebih sedikit dibanding pisang raja. Bentuk daunnya juga relatif lebih kaku dan besar dibanding pisang raja. Seringkali bila ada kekeliruan, bibit pisang kepok tertukar dengan bibit pisang raja karena kemiripannya mendekati 90 persen. Dari segi Daging buah pada pisang kepok warnanya putih sedikit kekuning-kuningan. Rasa dari pisang ini sedikit keras atau kuran empuk dan teksturnya sedikit berkapur. Pisang kepok masih dibagi menjadi beberapa jenis, seperti pisang kepok kuning, pisang kepok siem cangklong, pisang kepok saba, pisang kepok gajih putih, dan pisang kepok gajih kuning.

bibit pisang raja

5 bibit pisang Tanduk

Pisang tanduk mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan vitamin C sangat cocok untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga radikal bebas bisa dicegah agar tidak masuk ke dalam tubuh. Bagi ibu hamil, pisang kepok bisa dijadikan sebagai asupan untuk menambahkan energi tubuh.

Sudah bukan hal asing lagi jika pisang kepok sangat cocok untuk diolah menjadi beberapa masakan, seperti pisang goreng, bolu pisang, keripik, dan masih banyak lagi.

6 Bibit Pisang susu

pisang susu Pisang susu bisa dikatakan sebagai pisang yang sangat disukai oleh anak-anak karena ukurannya yang kecil dan kulitnya yang tipis. Pisang susu ini berbentuk melengkung tanpa siku. Pada umumnya, pisang ini memiliki kulit dengan warna kuning cerah dan sedikit ada bintik-bintik hitam kecokelatan.

Daging buah dari pisang susu berwarna putih sedikit kekuning-kuningan. Rasa dari pisang susu sangat manis seperti ada rasa manis pada susu. Oleh karena itu, pisang ini sering dimakan secara langsung.

Pisang susu memiliki manfaat yang sangat baik terutama bagi kesehatan otot tubuh karena pisang ini memiliki kandungan pottasium. Pisang yang disukai oleh anak-anak dapat memperlancar peredaran darah. Dapat digunakan sebagai sumber makanan untuk bayi.

Pisang susu memang dikenal sebagai pisang yang sering dimakan langsung, tetapi pisang ini ternyata bisa diolah menjadi makanan lain, seperti bolu kukus pisang susu, pisang susu keju, nugget pisang susu, dan sebagainya.

demikian sedikit informasi bibit pisang unggulan yang patut dikembangkan di jogja pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. # bibit pisang jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.