Budidaya Vanili

Diposting pada 35 views

Prospek dan Teknik Budidaya Vanili

  1. Mengenal Bibit Vanili

Bibit vanili yang biasa di jumpai adalah bibit vanili jenis planifolia. Merupakan jenis rempah yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Bibit vanili planifolia juga mudah di budidayakan di iklim tropis. Polong vanili banyak di manfaatkan pada sektor makanan seperti sebagai bahan penyedap, penyegar, dan pengharum dalam makanan. Dapat juga di manfaatkan sebagai bahan tambahan gula-gula, permen, kue, es krim maupun minuman.

Vanili dalam keadaan kering juga banyak di ekspor keluar negri. Di pasaran internasional vanili Indonesia lebih familiar di sebut java vanilla beans. Dalam pengembangan bibit vanili harus memperhatikan produktivitas dan mutu. Pencegahan terhadap hama penyakit pun perlu di waspadai. Penerapan cara budidaya vanili yang benar, memungkinkan petani mencegah terjadi nya penyakit busuk batang yang sering menyerang tanaman vanili.

bibit vanili

Vanili di prediksi akan menjadi primadona perkebunan, karena permintaan ekspor yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini menjadi peluang bagi para pembudidaya vanili untuk ikut berkecimpung dalam penanaman vanili. Di terapkan nya cara budidaya vanili yang benar mutlak harus di lakukan para petani, serta terus belajar dalam memperbaiki kualitas panen yang di hasilkan.

Dengan menerapkan cara budidaya vanili yang benar, di harapkan dapat meningkatkan hasil produksi vanili tanpa kendala yang berarti. Sebelum memulai langkah budidaya vanili sebaiknya mengetahui terlebih dahulu morfologi dari tanaman vanili berikut :

  1. Akar

Vanili hidup secara semi epitik dengan akar lengket yang tertimbun dalam tanah, yang berfungsi untuk menyerap unsur hara. Akar vanili keluar dari setiap buku, bercabang dan berbulu halus. Akar ini berfungsi sebagai akar lekat, fungsi akar lekat juga memudahkan penempelan bibit vanili pada kayu maupun media sulur yang telah di sediakan.

  1. Batang

Vanili memiliki ciri batang berbuku-buku dengan bentuk batang silinder, mempunyai permukaan licin berwarna hijau pekat jika sudah tua. Apabila batang ini patah terdapat getah bening, dari patahan batang ini akan menghasilkan percabangan baru. Dari cabang ini akan menghasilkan bunga, sehingga sering di sebut sulur produksi.

  1. Daun

Dari setiap buku menghasilkan daun selang- seling di kiri dan kanan batang. Bentuk daun vanili ini cenderung jorong memanjang hingga lanset. Pangkal daun membulat dan ujung daun lancip dan tepi daun rata. Tangkai daun pendek dengan permukaan mengkilat.

  1. Bunga

Bunga vanili termasuk hemaprodit. Bunga vanili keluar dari ketiak daun dan tidak bisa melalui proses perkawinan alami, jadi harus di bantu perkawinan. Karena tidak dapat penyerbukan sendiri, di akibatkan kepala putik tertutup seluruhnya oleh lidah bunga. Penyerbukan harus di bantu manusia, ataupun serangga dari jenis melipona.

  1. Cara Budidaya Vanili

Budidaya vanili perlu di perhatikan langkah-langkah yang harus di persiapkan mulai dari pemilihan lahan, bibit Vanili, cara penanaman, perawatan sampai tahap pemanenan. Berikut langkah-langkah dalam budidaya vanili :

  1. Persiapan lahan

Sebelum memutuskan budidaya vanili kesiapan lahan yang akan di gunakan perlu di perhatikan. Pilih lahan yang memiliki cahaya cukup terutama di pagi hari. Dan tidak terlalu terik di siang hari. Karena vanili dapat tumbuh baik pada suhu 18-23 derajat celcius. Karakteristik tanah yang gembur dan lembab sangat di sukai untuk pertumbuhan vanili secara maksimal.

Apabila lahan yang di gunakan terkena matahari penuh dari pagi sampai siang, maka dapat di siasati dengan memberikan naungan pada lahan untuk meminimalisir terik matahari.

  1. Persiapan bibit

Tahapan ini adalah salah satu tahapan terpenting dalam budidaya vanili. Dari bibit yang sehat dan berkualitas akan menentukan keberhasilan tahapan selanjutnya hingga masa panen tiba.

Bibit vanili yang di pilih pastikan dari stek batang, karena sudah terbukti lebih cepat tumbuh dan berkembang dengan baik, dari pada bibit vanili yang di peroleh dari biji. Pastikan bibit yang di peroleh mempunyai batang dan daun yang sehat, tidak menguning dan kokoh.

Apabila di rasa susah mendapat bibit vanili dari tangkaran sendiri, ada baik nya membeli bibit yang sudah jadi dari penyedia bibit yang terpercaya. Sehingga memudahkan proses penanaman dan menyingkat waktu.

  1. Penanaman bibit vanili

Sebelum menuju proses penanaman, pastikan dulu lahan yang akan di tanami sudah sesuai kriteria lahan yang di sukai bibit vanili untuk tumbuh. Sebaiknya lahan yang akan di gunakan di pupuk dengan pupuk organic atau pupuk kandang yang sudah jadi terlebih dulu. Adanya pupuk alami akan membantu penormalan Ph tanah dan membantu kesuburan.

Untuk memastikan aerasi yang baik, perlu di buatkan guludan agar air dapat mengalir dengan baik. Setelah itu buat lubang tanam pada guludan, bibit vanili siap di tanam. Kemudian tancapkan tiang penyangga di dekat bibit vanili, untuk alat bantu sulur nantinya.

  1. Perawatan tanaman vanili

Cara merawat vanili saat budidaya adalah melakukan penyiraman sesuai dengan kondisi tanah. Usahakan tanah tidak terlalu kering dan basah. Karena tanaman vanili tidak menyukai air yang menggenang dan juga tidak menyukai kekurangan air.

Dua bulan sebelum masa berbunga, sebaiknya melakukan pemangkasan 2-3 pucuk tanaman. Berikan juga pupuk organic sekitar 5-10kg/pohon pada masa awal musim hujan. Diberikan juga pupuk daun 1-2 minggu sekali atau melihat sesuai kebutuhan.

  1. Waktu panen

Buah vanili dapat di panen pada usia 2-3 tahun penanaman. Pada tahun selanjutnya masa panen dapat di lakukan setahun sekali dengan masa panen 2-3 bulan penuh. Buah vanili yang siap panen di tandai dengan berwarna hijau dan pucuk buah menguning.

Budidaya vanili merupakan kegiatan yang menyenangkan apabila sudah menguasai ilmu, ada ke inginan untuk terus belajar dan berani mencoba. Demikian semoga bermanfaat bagi para pembudidaya vanili pemula yang akan serius berkebun vanili. Kami akan sangat bahagia apabila menjadi bagian tahap belajar dan kesuksesan saudara semua, maka kami menyediakan bibit vanili dengan kualitas yang tidak perlu di ragukan. Untuk info pemesanan bibit silahkan :

Phone/wa : 087838393451 atau

Phone/wa : 082136461851

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.