Bibit Durian Musangking

Diposting pada 67 views

Cara Merawat Bibit Durian Musang King

Bibit durian Musang King kini telah mulai banyak dibudidayakan di Indonesia. Bibit durian asal negeri jiran malaysia tersebut mampu merebut lidah penikmat durian di indonesia dengan kemanis dan pahitannya. Sebab itu tak heran para petani di Indonesi amulai melirik buah yang satu ini. Untuk Anda yang berminat budidaya durian Musang King, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui agar tanaman bisa berhasil. Beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari penyiraman, pemupukan, hingga pengaturan sinar matahari.

Mengatur Penyiraman Bibit Durian Musang King

Hal pertama yang mesti Anda perhatikan adalah intensitas penyiraman bibit durian Musang King. Karena durian adalah jenis tanaman yang sensitif terhadap air, maka jumlah penyiramannya perlu diperhatikan. Untuk penyiraman bibit durian Musang King, baiknya dilakukan tiap pagi dan sore,dDengan catatan jangan sampai airnya sampai menggenang. Genangan air rawan terhadap bibit durian karena bisa membusukkan akarnya.

Pemupukan yang Cukup

Tiap bibit durian tentu saja membutuhkan pupuk untuk menopang pertumbuhannya, begitu juga bibit durian Musang King. Kiat yang utama dalam memupuk bibit durian Musang King adalah dengan mencampur tanah yang dipakai untuk pembibitan dengan pupuk kandang. Pupuk tambahan juga bisa Anda berikan dengan kadar rendah agar pertumbuhan semakin cepat. Jumlah yang dianjurkan untuk pemupukan tambahan ini kira-kira sekali hingga duakali dalam sebulan.

Meminimalisir Bibit dari Sinar Matahari

Bibit durian Musang King sangat sensitif terkena sinar matahari secara langsung. Karena sinar matahari langsung mampu menghanguskan daun bibit durian yang masih muda. Karena itu usahakan untuk sedikit mungkin daun bibit durian terpapar sinar matahari.

Beberapa kiat di atas adalah landasan awal untuk bisa menghidupkan bibit durian Musang King. Dengan perawatan yang baik, kemungkinan bibit durian Musang King tumbuh subur semakin besar. Agar pertumbuhannya maksimal Anda juga perlu memotong cabang-cabang yang mengarah ke samping. Percabangan yang tidak perlu hanya akan mengganggu pertumbuhan bibit mencapai ketinggian maksimalnya lurus ke atas.

Merawat Bibit Durian Musang King Agar Tumbuh Tegak

Buah lebat yang meningkatkan panen durian Musang King biasanya didapat dari pohon durian yang mampu tumbuh tinggi menjulang. Namun merawat bibit durian Musang King sehingga yang mampu tumbuh tinggi perlu usaha keras. Banyak orang berpengalaman dalam budidaya durian mengatakan bahwa usahanya perlu dilakukan sejak bibit durian Musang King disemai.

Memotong Percabangan Bibit Durian Musang King

Hal utama yang dilakukan untuk bisa memaksimalkan pertumbuhan bibit durian Musang King agar berbatang tegak dan lurus adalah dengan memotongi cabang-cabang baru secara teratur. Pemotongan mesti dilakukan sejak bibit berusia sekitar enam bulan. Di usia itu  biasanya bibit durian Musang King telah mulai tumbuh banyak cabang. Hal ini dilakukan untuk memfokuskan pertumbuhan batang bibit durian tegak lurus ke atas. Dengan memotong percabangan maka pertumbuhan bibit durian akan fokus ke batang utama yang tegak lurus.

Membantu dengan Penyangga Batang

Karena batang bibit durian Musang King di usia awal masih belum kuat, ada baiknya Anda membantunya dengan penyangga. Penyangga batang ini berupa ranting atau kayu lurus yang dilekatkan pada batang bibit durian Musang King. Tujuannya untuk menstabilkan posisi batang bibit agar pertumbuhannya tetap tegak lurus. Penyangga ini juga bisa dimanfaatkan untuk membantu meluruskan batang bibit durian yang bengkol. Dengan begitu batang bibit durian Musang King Anda akan tumbuh tegak secara maksimal.

Menyiapkan Bedeng yang Stabil

Membuat bedeng yang rata dan stabil mesti dilakukan posisi bibit durian tetap aman ketika masa penyemaian. Jika menggunakan polybag, maka Anda perlu menyiapkan tatakan supaya  posisi kantong-kantong bibit durian Musang King tidak rawan bergeser. Dengan begitu maka batang pohon akan tetap mengarah ke atas.

Tiga cara tersebut pada dasarnya membutuhkan kecermatan dan intensitas perawatan yang baik. Hal tersebut untuk mengetahui jika sewaktu-waktu posisi bibit berubah atau muncul percabangan-percabangan baru. Dengan begitu batang bibit durian Musang King tegak lurus yang akan menghasilkan panen melimpah bisa didapat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.